Friday 20 June 2014

Taiwan Siap Produksi Massal Apple Smartwatch


iWatch, jam pintar (smartwatch) keluaran Apple Inc.
iWatch, jam pintar (smartwatch) keluaran Apple Inc.

TAIPEI -- Perusahaan raksasa Taiwan, Quanta Computer Inc akan memproduksi massal Apple smartwatch pertama Juli 2014. Seorang sumber yang berkepentingan dengan teknologi ini mengatakan sebagai raksasa teknologi, Amerika Serikat (AS) mencoba membuktikan mereka masih bisa berinovasi melawan saingannya, Samsung Electronics Co Ltd.

Jam tangan yang masih belum pasti namanya (sementara iWatch) itu akan diproduksi oleh Quanta yang sebelumnya fokus menggarap laptop dan iPod. Akan tetapi, lini produk ini akhir-akhir ini menurun, sehingga perusahaan ini menggandeng Hon Hai Precision Industry Co, salah satu pemasok terbesar Apple, untuk terlibat dalam produksi ini.

Dilansir dari Reuters, Jumat (20/6), seperti kebanyakan jam pintar (smartwatch) lainnya, Apple akan menaruh beberapa fungsi independen, misalnya aplikasi pengiriman pesan tertulis dan percakapan suara (voice chat). Perangkat ini hanya akan kompatibel dengan gadget yang menjalankan aplikasi iOS Apple, seperti iPhone.

Kebanyakan smartwatch mengumpulkan data tentang denyut jantung pengguna dan metrik kesehatan lainnya. Gadget ini nantinya juga memfasilitasi tugas-tugas seperti pemeriksaan e-mail dan membuat panggilan telepon.

Sumber lainnya mengatakan LG Display CO Ltd akan menjadi perusahaan pemasok ekslusif layar untuk batch awal produksi gadget ini. Ini akan berisi sensor yang bisa memonitor pulsa pengguna. Perusahaan berbasis Singapura, Heptagon akan menangani secara khusus sensornya dan ikut serta sebagai pemasok. Sejauh ini, Apple, Quanta, LG Display, dan Heptagon masih belum bisa memberikan komentar.

No comments:

Post a Comment