Thursday 5 August 2010

Suriah Tawarkan Perdagangan Bebas untuk Iran


Thursday, 05 August 2010: Menteri Ekonomi dan Perdagangan Suriah, Lamia Mari Asi, dalam pertemuannya kemarin (4/8) dengan Hamid Bahbahani, Menteri Jalan dan Transportasi Republik Islam Iran di Damaskus menyatakan, negaranya siap melakukan perdagangan bebas dengan Iran.

Asi dalam pertemuan tersebut juga menekankan bahwa Suriah senantiasa menghendaki peningkatan paket produk dalam perdagangan kedua negara. "Jika Republik Islam Iran menyetujui, Suriah bersedia membuka perdagangan bebas."

Dikatakannya bahwa dengan menganalisa kembali lalu-lalang produk dan pelancong, dapat ditentukan sebuah formula khusus sehingga proses tersebut dapat berjalan lebih mudah.

Menyangkut lalu-lalang pelancong dari kedua negara, Iran dan Suriah dapat bekerjasama melibatkan Turki dan membentuk komite segi tiga untuk membahas hal ini.

Di lain pihak, Bahbahani menyatakan, Republik Islam Iran senantiasa menghendaki peningkatan kerjasama di bidang transportasi dengan Suriah. Ditegaskannya pula bahwa Iran siap mentransfer pengalaman, pelatihan, dan bantuan dalam rangka meningkatkan kemampuan Suriah, di bidang pembuatan jalan dan sektor transportasi.

No comments:

Post a Comment